Belum Mufakat untuk Gelaran Baiman Street Food, Disperdagin Banjarmasin Kumpulkan Pedagang Pasar Sudimampir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 23 Agustus 2024

Belum Mufakat untuk Gelaran Baiman Street Food, Disperdagin Banjarmasin Kumpulkan Pedagang Pasar Sudimampir

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin kumpulkan para paguyuban pedagang Pasar Sudimampir, Kamis (22/8/2024).

Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan pertemuan ini membahas mengenai rencana kegiatan Baiman Street Food Festival (B-Safe) pada 1 September hingga 30 September 2024.

Sebelumnya, agenda yang masuk dalam salah satu rangkaian dari Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin itu, ditolak sebagian Paguyuban Pedagang Pasar Sudimampir.

"Mereka menyampaikan kekhawatiran jika terselenggaranya B-Safe itu akan mengganggu aktivitas mereka disana karena ada asumsi bakal menutup area tersebut," paparnya.

Padahal kegiatan B-Safe sendiri ditegaskan Tezar  tidak menutup arus di area tersebut dan berlangsung dari sore pukul 16.00 hingga malam pukul  23.00 Wita.

Namun, memang tak dipungkiri kawasan itu akan dipenuhi food truck dan beberapa Industri Kecil Menengah (IKM) yang akan berjualan. 

Kendati demikian, ia memastikan barang pedagang yang berjualan di B-Safe itu tidak akan permanen disana dan bisa dibongkar pasang.

"Untuk lahan parkir sudah disiapkan dan diatur agar nantinya tidak menghambat lalu lintas di kawasan itu yang nanti menjadi titik keramaian," terangnya.

Tentunya, ia berharap event kuliner ini tidak akan menimbulkan benturan dari kedua pihak baik dari pedagang B-Safe maupun pedagang yang sudah menempati Pasar Sudimampir.

"Dari pertemuan ini kami jelaskan itu agar pedagang mau mengerti dan bersinergi dengan Pemko Banjarmasin untuk pelaksanaan nanti," tuturnya

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pasar Sudimampir, Sutopo Teja menyampaikan bahwa sebagian besar pihaknya tetap menolak adanya pergelaran B-Safe di kawasan Pasar Sudimampir.

Sebab kata ia khawatir kegiatan B-Safe itu  dinilai akan mengganggu aktivitas mereka berdagang terlebih saat aktivitas bongkar pasang yang tidak bisa diprediksi.

Belum lagi lanjutnya, kemacetan yang bisa saja ditimbulkan dari kegiatan B-Safe nanti tentunya akan berdampak pada dagangan mereka.

"Sudah kami sampaikan tadi, katanya akan berkonsultasi lagi dengan pimpinan. Tapi tetap kami tidak menginginkan dilaksanakan disini," kata ia.

Menurutnya, pihaknya mendukung saja kegiatan dari Pemko Banjarmasin. Namun tidak harus digelar di kawasan Pasar Sudimampir.

Tentunya, ia berharap Pemkot Banjarmasin bisa kembali mempertimbangkan pergelaran B-Safe di kawasan Pasar Sudimampir seiring dengan adanya keluhan mereka tersebut. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner