Eksekutif Kalsel Jawab Pandangan Fraksi Dewan Terhadap APBD-P 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 29 Agustus 2024

Eksekutif Kalsel Jawab Pandangan Fraksi Dewan Terhadap APBD-P 2024

BERITABANJARMASIN.COM - Pemprov Kalsel menjawab pandangan fraksi DPRD Kalsel terhadap Raperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2024.

Secara umum, dalam pandangan fraksinya dewan menyetujui Raperda APBD-P 2024 serta memberikan masukan dan saran untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalsel.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar Rabu (28/8/2024) menyampaikan terimakasih atas masukan dan saran yang diberikan fraksi dewan dalam pemandangan umumnya.

"Kami mengapresiasi saran, masukan dan harapan yang disampaikan fraksi DPRD Kalsel yang merupakan cerminan aspirasi seluruh masyarakat," ujarnya.

Gubernur juga mengatakan sependapat atas tanggapan yang disampaikan yang menunjukkan eksekutif dan legislatif memiliki visi bersama untuk memajukan Kalsel.

"Pada prinsipnya kami hargai sikap kritis dan konstruktif fraksi dewan yang akan memperkuat substansi dan implementasi perda ini nantinya," paparnya.

Sesuai dengan tema pembangunan 2024 yakni peningkatan kualitas daya saing daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif sehingga Pemprov Kalsel berkomitmen mengalokasikan anggaran yang tepat dan efisien. 

Fokus utamanya lanjutnya adalah meningkatkan daya saing daerah melalui pengembangan infrastruktur dan peningkatan SDM di berbagai sektor, pemerataan infrastruktur dasar dan konektivitas 
serta penguatan infrastruktur perekonomian untuk mendukung digitalisasi UMKM.

Selain itu mendorong hilirisasi industri, pertanian dan pariwisata menuju investasi ekonomi hijau serta menciptakan iklim investasi kondusif sembari memastikan pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan bersifat inklusif dan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

"Saran dan masukan dari fraksi ini telah menjadi catatan kami untuk ditindaklanjuti Pemprov Kalsel," jelasnya.

Lanjutnya, seluruh pandangan fraksi akan ditelaah secara mendalam dan diimplementasikan sesuai dengan prioritas dan kemampuan anggaran daerah. 

"Dengan mempertimbangkan masukan dewan kami yakin dapat menghasilkan APBD-P 2024 yang tepat sasaran, efisien, dan berdampak bagi kesejahteraam masyarakat Kalsel," sebutnya. 

Dengan sinergitas dan kolaborasi yang baik, maka kata gubernur akan mampu menghadapi tantangan dan meraih peluang yang ada di depan mata. "Bersama kita bekerja keras untuk mewujudkan visi misi Kalsel Maju yang merupakan singkatan dari Makmur, Sejahtera, dan Berkelanjutan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kalsel Karmila yang membuka dan menutup rapat paripurna tersebut menyampaikan, selanjutnya Raperda APBD-P 2024 akan dilakukan pembahasan di Badan Anggaran (Banggar).

"Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Banggar DPRD Kalsel akan melakukan pembahasan yang lebih dalam dan komprehensif," jelasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner