Gubernur Kalsel Sampaikan Empat Fokus Pembangunan di Raperda RAPBD-P 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 23 Agustus 2024

Gubernur Kalsel Sampaikan Empat Fokus Pembangunan di Raperda RAPBD-P 2024

BERITABANJARMASIN.COM - DPRD Kalsel menggelar Rapat Paripurna penyampaian Raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) 2024 yang digelar Rabu (21/8/2024).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan disampaikannya RAPBD-P ini untuk mencapai kesepakatan bersama antara Pemprov Kalsel dan DPRD Kalsel atas kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasari dalam pencapaian target perencanaan.

Sebagaimana diketahui terangnya, tema pembangunan Kalsel di Tahun 2024 ialah, “Peningkatan Kualitas Daya Saing Daerah untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif,”.

"Tema ini memberi gambaran bahwa pembangunan Kalsel 2024 diarahkan untuk meningkatkan daya saing daerah dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip fundamental dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan," paparnya.

Prinsip-prinsip tersebut meliputi demokrasi, pemerataan, keadilan, kesetaraan dan keberlanjutan.

"Di tahun 2024 ini akselerasi atau percepatan pembangunan daerah dilakukan baik dari segi kualitas maupun kuantitas," sebutnya.

Tentu percepatan ini jelasnya, tetap pada bingkai pertamanya yaitu untuk mewujudkan visi kalsel MAJU dengan tetap berpegang pada koridor peningkatan kesejahteraan kehidupan masyarakat secara menyeluruh.

Diterangkannya ada empat fokus pembangunan 2024 ini yaitu peningkatan SDM pada sektor pendidikan, kesehatan dasar, kemiskinan dan kesempatan kerja. Kedua, pemerataan infrastruktur dasar dan konektivitas. Ketiga untuk mendukung digitalisasi UMKM dan terakhir hilirisasi industri, pertanian, pariwisata menuju investasi ekonomi hijau.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kalsel, Karmila yang memimpin rapat paripurna mengatakan setelah penyampaian raperda oleh kepala daerah atau yang mewakili hari ini akan dilanjutkan dengan pemandangan fraksi dewan.

"Di tahap selanjutnya akan digelar kembali paripurna pemandangan umum fraksi serta jawaban gubernur terhadap penyampaian fraksi," jelasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner