Minim Anggaran, Pembenahan KBM dan Operasional RPU Banjarmasin Tertunda | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 08 Agustus 2024

Minim Anggaran, Pembenahan KBM dan Operasional RPU Banjarmasin Tertunda

BERITABANJARMASIN.COM - Pembenahan Kebun Binatang Mini (KBM) tahun ini kembali tertunda dikarenakan minimnya anggaran yang dimiliki Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin.

Diungkapkan Kepala DKP3 Banjarmasin, Yuliansyah, sebenarnya kegiatan itu biasanya sudah dianggarkan di dinasnya. Namun karena adanya refocusing anggaran menyebabkan kegiatan terpaksa ditiadakan tahun ini.

Tentunya anggaran dialihkan pada hal yang lebih prioritas. Salah satunya operasional dan pemberian makan pada satwa yang ada di Kebun Binatang Mini (KBM) di Jahri Saleh.

Seharusnya lanjutnya, tahun ini renovasi ataupun pemeliharaan untuk bangunan KBM sudah dianggarakan karena memang kondisinya sudah tidak layak dan harus diperbaiki.

Terlebih ujar Yuliansyah kondisi kawasan KBM  cukup membahayakan bagi satwa termasuk para pengunjung yang datang. Dimana fasilitas dan area bermain anak sudah usang dan lapuk. "Tapi karena anggaran ya terpaksa tidak bisa dilakukan," lirih nya.

Selain itu kata ia pengoperasionalan Rumah Potong Hewan (RPH) modern yang sudah rampung dibangun belum bisa difungsikan dengan semestinya.

Dikarenakan pengelolaan limbah, peralatan di RPU modern dan lainnya yang masih belum dilengkapi. Membuat program strategis untuk peningkatan Pendapatan Belanja Daerah (PAD) itu tidak bisa berjalan tahun ini. 

"Kalau kita anggarkan tahun ini sangat kecil kemungkinan bisa, tapi paling tidak diperhatikan karena tahun depan baru bisa dianggarkan," jelasnya.

Ia pun berharap pihaknya bisa secepatnya merealisasikan pekerjaan yang tertunda di awal tahun, agar manfaat bisa dirasakan masyarakat. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner