Pemkot Banjarmasin Komitmen Bebaskan Lahan Keseluruhan Tahun Ini untuk Program NUFReP | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 15 Agustus 2024

Pemkot Banjarmasin Komitmen Bebaskan Lahan Keseluruhan Tahun Ini untuk Program NUFReP

BERITABANJARMASIN.COM - Program penanganan banjir National Urban Flood Resilience Project (NUFReP) di sejumlah kawasan segera dikerjakan.

 Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, menyampaikan masih ada kendala yakni dua lahan yang belum dibebaskan. Itu meliputi kawasan lahan di Klenteng Soetji Nurani dan Taher Square.

"Sebenarnya, secara keseluruhan lahan sudah dibebaskan. Hanya tinggal dua lahan itu yang tersisa belum dibebaskan," ujarnya, Kamis (15/8/2024).

Ibnu menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik lahan, untuk pengerjaan proyek itu demi kepentingan bersama.

Ia menekankan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan pembebasan lahan tersebut secara keseluruhan tahun ini.

Disinggung mengenai kabar belum adanya ketidakcocokan harga yang membuat pembebasan lahan belum bisa dilakukan, Ibnu hanya menyatakan, bahwa harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan perhitungan appraisal.

"Kami tidak mungkin menawarkan harga di atas nilai appraisal. Dan tujuannya adalah agar tidak ada pihak yang dirugikan," katanya.

Namun kata ia pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan pemilik lahan agar bisa memperoleh kesepakatan bersama. "Doakan saja, mudah-mudahan pemilik lahan setuju dengan harga yang ditawarkan," tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah mengatakan kawasan yang terlebih dahulu dilakukan pengerjaan di sepanjang Veteran yang sudah dilakukan pembebasan lahan. 
"Disana juga nantinya akan dipasang pompa dan pintu air," imbuhnya.

Dimana nantinya juga sungai dikawasan tersebut bakal dikeruk agar aliran sungai lebih lancar. Selain itu tambahnya rumah pompa dan pintu air ada di tiga titik yakni di muara Sungai Pekapuran, muara Sungai Bilu dan muara Sungai Gardu yang langsung berhubungan ke Sungai  Maratapura. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner