Selesai Pembebasan Lahan, Program NUFReP Sungai Veteran Banjarmasin Bakal Dikerjakan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 08 Agustus 2024

Selesai Pembebasan Lahan, Program NUFReP Sungai Veteran Banjarmasin Bakal Dikerjakan

BERITABANJARMASIN.COM - Program penanganan banjir National Urban Flood Resilience Project (NUFReP) di sejumlah kawasan Banjarmasi. memasuki tahap baru.

Adapun sungai yang akan ditangani dalam program NUFReP itu mulai dari Sungai Veteran, Sungai Guring dan Sungai Ahmad Yani.

Kepala bidang Sungai (Kabid) Dinas PUPR Banjarmsdin, Hizbul Wathony membeberkan pembebasan lahan sepanjang kawasan Veteran sudah dilakukan. "Saat ini masih proses pemberkasan administrasi untuk pembayaran," ujarnya, Rabu (7/8/2024).

Thony juga menyampaikan bahwa pengerjaan diperkirakan pada bulan ini. Usai tandatangan kontrak yang masih berproses. Kawasan yang terlebih dahulu dilakukan pengerjaan di sepanjang Veteran yang sudah dilakukan pembebasan lahan. 
"Di sana juga nantinya akan dipasang pompa dan pintu air," imbuhnya.

Dimana nantinya juga sungai dikawasan tersebut bakal dikeruk agar aliran sungai lebih optimal. Meski ada beberapa lahan bangunan yang masih belum sepakat untuk dilakukan pembebasan, namun ia menerangkan bahwa pelaksanaan program tersebut tetap berjalan sesuai rencana.
"Desain pun sudah disiapkan, Insya Allah akan dikerjakan sesuai target," kata ia.

Selain itu tambahnya rumah pompa dan pintu air ada di tiga titik yakni di muara Sungai Pekapuran, muara Sungai Bilu dan muara Sungai Gardu yang langsung berhubungan ke Sungai Martapura.

"Mudah-mudahan tiga lokasi itu tahun ini sudah bisa kelihatan, paling tidak pengaturan air di jalan kota bisa maksimal," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner