Terdampak Kebakaran, Disperdagin Banjarmaain Bakal Bangun Tempat Sementara untuk Pedagang Pasar Lima | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 03 Agustus 2024

Terdampak Kebakaran, Disperdagin Banjarmaain Bakal Bangun Tempat Sementara untuk Pedagang Pasar Lima

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin bakal bangun tempat sementara untuk pedagang Pasar Lima pasca kebakaran awal Juli 2024.

Solusi itu ditawarkan Disperdagin saat pertemuan bersama puluhan pedagang kios yang terdampak musibah kebakaran tersebut.

"Pembangunan dijadwalkan dimulai beberapa pekan kedepan," ucap Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, Kamis (1/8/2024)

Lebih jauh, Tezar sapaan menyebutkan setidaknya ada 167 toko dan kios yang terbakar. 133 unit diantaranya di lantai 1 dan 34 unit berada di lantai 2.

Disinggung mengenai besaran anggaran yang akan dialokasikan dalam pembangunan pasar sementara itu, masih belum bisa disampaikan. Mengingat anggaran pembangunan sangat terbatas dan rencananya hanya pondasi dan atap saja yang dibangun. "Kios yang kita bangun hanya pondasi dan atap saja. Sementara dindingnya, pedagang diminta menanggung pembangunan sendiri," ujarnya.

Adapun rencana pembangunan ulang pasar secara menyeluruh lanjutnya,  akan diajukan dalam anggaran perubahan 2024 atau paling lambat di APBD 2025. 

Pembangunan dinding tidak menggunakan beton karena akan ada rencana pembangunan menyeluruh.

Lebih lanjut, untuk pasar sementara ini, ia mengatakan kemungkinan tidak bisa diisi oleh semua pedagang karena hanya berkapasitas 40-50 pedagang saja. "Kami prioritaskan diberikan kepada pedagang yang telah membayar retribusi secara rutin," tutupnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner