Banjarmasin Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 19 September 2024

Banjarmasin Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin terima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup, di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya  lagi, mengatakan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra adalah penghargaan yang diberikan pemerintah kepada kepala daerah dan pimpinan DPRD.

Atas keberhasilannya dalam menerapkan kebijakan dan program kerja untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup. Penghargaan ini, bebernya lagi, dinilai berdasarkan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IKPLHD) tahun sebelumnya. 

“Sejak 2017 dokumen ini dipertandingkan untuk memperoleh penghargaan Nirwasita Tantra, sebuah penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup,” ucapnya. 

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, menyampaikan penghargaan ini diberikan pemerintah pusat setelah menilai visi pemimpin Kota Banjarmasin dan DPRD Kota Banjarmasin yang berpihak pada pelestarian lingkungan, baik secara kebijakan maupun dalam implementasi di lapangan. 

“Ini membuktikan bahwa adanya sinergisitas antara pemerintah Kota Banjarmasin dan DPRD dalam hal penyamaan visi kearah pembangunan hijau di Kota Banjarmasin baik itu dalam bentuk kegiatan maupun beberapa regulasi,” katanya 

 Capaian hasil pembangunaan ini diharapkan terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi, hingga Kota Banjarmasin tak hanya mendapatkan penghargaan berbentuk monumental saja tetapi juga bisa berbentuk dana insentif daerah.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024, Harry Wijaya. 
Menurutnya, capaian yang telah diterima ini bisa terus dipertahankan di tahun-tahun selanjutnya. 

“Saya ucapkan terima kasih dan saya turut berbangga karena Kota Banjarmasin berhasil  mendapat penghargaan ini, ini menjadi tantangan kita ke depannya," ucapnya.

Dari data terhimpun, Sejak tahun 2022, Kota Banjarmasin telah menerima piagam penghargaan Nirwasita Tantra sebagai Terbaik V kriteria Pemerintahan Daerah Kategori Kota Besar (Dok IKPLHD Tahun 2021 data Tahun 2020).

Kemudian di tahun 2023, juga mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra, kategori sebagai entitas Pemerintahan kategori Kota Besar, terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah tahun 2022.

Penghargaannya yang diterima saat itu, berbentuk trofi Green Leadership untuk DPRD kategori Kota Besar Kota Banjarmasin, dan piagam penghargaan Nirwasita Tantra kepada DPRD Kota Banjarmasin sebagai DPRD kategori Kota Besar Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah tahun 2022.

Tahun 2024 ini, Kota Banjarmasin Kembali mendapatkan penghargaan Green Leadership ‘Nirwasita Tantra’ Tahun 2023, untuk Kepala Daerah Tingkat Kota kategori Kota Sedang kepada Wali Kota Banjarmasin, dan penghargaan Green Leadership, Nirwasita Tantra,  tahun 2023 untuk Pimpinan DPRD Tingkat Kota kategori Kota Sedang. (Prokom - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner