Bertema Menelusuri Pusaka Seribu Sungai, Kongres VI JKPI 2024 Segera Digelar di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 15 September 2024

Bertema Menelusuri Pusaka Seribu Sungai, Kongres VI JKPI 2024 Segera Digelar di Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjarmasin, bakal gelar Kongres VI Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2024 pada 18--24 September.

Kongres yang digelar di Banjarmasin sendiri terdiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Seminar Internasional, Expo JKPI, Carnaval JKPI, Panggung Seni Budaya, Masterclass, Ladies Program dan City Tour.

"Banyak akan ditampilkan kebergaman kebudayaan dari daerah lain," ujar Plt Kepala Disbudporapar Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Minggu (15/9/2024).

Ikhsan juga menyampaikan kongres itu diperkirakan bakal dihadiri 73 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia ikut ambil bagian dengan mengusung tema 'Menulusuri Pusaka Seribu Sungai'.

Dimana sungai merupakan urat nadi bagi masyarakat Banjarmasin. Untuk itu pihaknya mengangkat tema berkaitan dengan sungai. "Ini yang harus kita sadari, semua yang berkaitan dengan masyarakat yakni pada sungai," terangnya.

Kemudian, kata Ikhsan beberapa objek wisata unggulan Kota Seribu Sungai bakal menjadi titik kunjungan dari para tamu undangan yang akan berhadir nantinya.

Diantaranya Makan Sultan Suriansyah, Siring Menara Pandang, Kampung Hijau, Kampung Biru, Kubah Habib Basirih, dan lainnya. "Mudah - mudahan ini menambah geliat pariwisata kita melalui kebudayaan," imbuhnya.

Pelaksanaan event besar itu tentunya akan berdampak besar secara langsung maupun tidak langsung bagi Kota Banjarmasin.

Pasalnya, diprediksi dari puluhan kabupaten/kota bisa ada ribuan wisatawan nusantara yang bakal datang ke Banjarmasin. "Momentum itu kita mempromosikan budaya Banjarmasin. Dampak tidak langsungnya yaitu adanya perputaran ekonomi dengan berisinya hotel-hotel," akhirnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner