Dewan Pers Isi Workshop Pemilukada 2024 Bersama Unsur Pers Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 19 September 2024

Dewan Pers Isi Workshop Pemilukada 2024 Bersama Unsur Pers Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Dewan Pers menggelar Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada 2024 di salah satu hotel di Banjarmasin, Kamis (19/9/2024).

Workshop tersebut menghadirkan Ketua Komisi Pendidikan Dewan Pers, P Tri Agung Kristanto sebagai narasumber yang menyampaikan terkait peran fungsi, tanggung jawab posisi pers dan wartawan terkait Pilkada 2024.

Menurutnya peran pers penting dalam melakukan edukasi melalui informasi yang proporsional tentang pemilu dan pilkada. Sehingga masyarakat dapat diajak untuk berperan serta mengawasi tahapan persiapan pelaksanaan, penyelenggaran, termasuk peserta.

"Wartawan harus independen dalam melaksanakan tugasnya dan harus non aktif jika terlibat atau tergabung menjadi tim sukses dalam pilkada," ujarnya.

Wartawan juga menururnya harus terus berpikir kritis agar bisa menjalankan salah satu fungsi pers, yakni fungsi kontrol sosial, termasuk melakukan koreksi terhadap informasi yang tidak benar.

Adapun para peserta workshop berasal dari unsur pers dan Narasum berasal dari anggota Dewan Pers, KPU Kalsel, Bawaslu Kalsel, KPID Kalsel serta praktisi data dari IJTI Pusat. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner