Gubernur Kalsel Sebut Proyeksi Pendapatan RAPBD 2025 Sebesar Rp10,4 Triliun | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 11 September 2024

Gubernur Kalsel Sebut Proyeksi Pendapatan RAPBD 2025 Sebesar Rp10,4 Triliun

BERITABANJARMASIN.COM - Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyampaikan postur Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2025 dalam rapat paripurna DPRD Kalsel, Rabu (11/9/2024).

Dalam postur APBD 2025 disebutkan Sahbirin atau disapa Paman Birin, Pendapatan Daerah dianggarkan dengan proyeksi sebesar Rp10,4 triliun dan Belanja Daerah dianggarkan sebesar Rp11,5 triliun. 

Pada posisi penerimaan pembiayaan, yaitu pada jenis pembiayaan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) tahun sebelumnya, dianggarkan sebesar Rp1,1 triliun serta Pengeluaran Pembiayaan dianggarkan sebesar Rp50 miliar.

Pengalokasian anggaran untuk belanja yang prioritas maupun belanja lainnya kata Paman Birin bermuara pada percepatan untuk mewujudkan Kalsel maju sebagai gerbang Ibu Kota Nusantara (IKN).

Oleh sebab itu, pendapatan dan belanja yang dirancang dalam APBD 2025 kata Paman Birin mempertimbangkan manfaat APBD untuk kesejahteraan rakyat, peningkatan pelayanan publik, memelihara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengendalikan inflasi, serta memperkuat daerah agar tangguh dalam menghadapi bencana.

Penyusunan Raperda ini, lanjut Paman Birin, mengacu pada kesepakatan bersama setelah pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) antara Pemprov Kalsel dengan DPRD Kalsel.

Dalam RAPBD 2025 lanjutnya, tentunya berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kalsel yang mengambil tema “Pemantapan Daya Saing Daerah dengan Peningkatan Kualitas Sarana Prasarana untuk Mendukung Kalsel sebagai Gerbang Logistik Kalimantan.

Berdasarkan tema itu, terdapat lima prioritas pembangunan yang menjadi acuan dalam Raperda APBD 2025 ini pertama Penguatan sektor industri, UMKM, pertanian dan pariwisata didukung tenaga kerja berkualitas dan energi berkelanjutan; kedua Pemantapan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing; ketiga Pemantapan infrastruktur dasar dan ekonomi; keempat Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang fokus pada pelayanan publik dan investasi serta kelima Meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung ketahanan bencana. 

RAPBD 2025 ini lanjut Paman Birin diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan tantangan yang akan dihadapi di tahun depan, khususnya mempertahankan trend positif pertumbuhan ekonomi, inflasi yang tetap terkendali, SDM yang semakin berkualitas, serta terpenuhinya seluruh urusan wajib yang melekat dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

"Dengan bersama -sama, Insya Allah kita bisa mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di bumi Kalsel Babussalam," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner