Kampung Keramat Basirih Banjarmasin Selatan Menangkan Lomba Kamaratih | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 03 September 2024

Kampung Keramat Basirih Banjarmasin Selatan Menangkan Lomba Kamaratih

BERITABANJARMASIN.COM - Kampung Keramat Basirih menangkan Lomba Kampung Merah Putih (Kamaratih) 2024 yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin dan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banjarmasin.

Kawasan Basirih yang diwakili Kampung Keramat Basirih RT 9 RW 01, mengungguli wakil-wakil kecamatan se-Kota Banjarmasin yang berlomba dalam rangka memeriahkan HUT ke -79 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-498.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Kampung Merah Putih 2024, Bambang Budiyanto menjelaskan kampung-kampung yang memenangkan lomba Kampung Merah Putih “Nusantara Baru Indonesia Maju” adalah yang sudah memenuhi kreteria yang ditetapkan panitia penyelenggara.

“ Desain Pintu Gerbang yang meliputi gambar Pancasila,bendera merah putih, alamat setempat tertera di Gapura dan tulisan suasana kemerdekaan RI," terangnya, Selasa (3/9/2024).

Kreteria lainnya adalah pengibaran merah putih yang terlihat di depan rumah warga sepanjang kawasan perkampungan termasuk pula umbul-umbul.

Bambang membeberkan semua kreteria yang ditetapkan panitia lomba juga mengacu kepada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Tentunya harus berkesesuaian seperti pemerataan pemasangan bendera, kerapian, kesemarakan dan kombinasi umbul-umbul merah putih.

Disamping faktor kebersihan dan keindahan serta Kamtibmas, yang terpenting menurutnya juga partisipasi langsung masyarakat yang tulus. "Memasang bendera dan umbul serta menghias kampung secantik mungkin, karena panggilan jiwa dan rasa cinta tanah air yang tinggi,” paparnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin, Lukman Fadlun mengapresiasi partisipasi kampung-kampung se-kota Banjarmasin yang mengikuti Lomba Kampung Merah Putih (Kamaratih) 2024. 

Dia pun mengucapkan terima kasih dengan partisipasi masyarakat sehingga penyelenggaraan lomba berjalan semarak dan menumbuhkan semangat cinta tanah air yang tinggi. “Ini menjadi spirit bagi kampung-kampung lainnya dalam menanamkan rasa cinta tanah air," ucapnya.

Lomba dalam menyuarakan "Gebyar Agustusan" merupakan bagian lanjutan program kerja Pengurus PPWK berkolaborasi dengan Kesbangpol Kota Banjarmasin. 

Dimana sebelumnya kerjasama ini telah membuat percontohan Kampung Merah Putih (Kamaratih ) Sungai Andai, Jalan Cengkeh - At Rahman RT 79, tahun 2023 lalu. “Alhamdulillah program melahirkan Kamaratih-Kamaratih baru berjalan," ungkapnya.

Hal itu tambahnya terbukti kampung-kampung di pinggiran kota menunjukkan eksistensinya untuk menjadi Kampung Merah Putih, tentu membanggakan bagi Banjarmasin. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner