KPU Tetapkan Dua Paslon di Pilgub Kalsel 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 23 September 2024

KPU Tetapkan Dua Paslon di Pilgub Kalsel 2024

BERITABANJARMASIN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dua Pasangan Calon (Paslon) yang akan berlaga di Pilgub Kalsel 2024.

Calon yang ditetapkan tersebut yakni Paslon Muhidin - Hasnuryadi Sulaiman (MH) dan Paslon Raudatul Jannah dan Akhmad Rozanie Himawan Nugraha (Acil Odah - Rozanie), Minggu (22/9/2024) di Sekretariat KPU Kalsel.

Diketahui, Muhidin-Hasnur membawa dukungan dari PAN, Demokrat, PKS, PSI dan Perindo dengan memperoleh total 605.038 suara sah.

Sedangkan Pasangan Acil Odah - Rozanie memboyong dukungan lima partai politik yakni Partai Golkar, Nasdem, PDIP, PKB dan Gerindra dengan 1.386.272 suara.

Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa menjelaskan dua paslon yang sebelumnya telah mendaftar dan menyerahkan berkas saat pendaftaran dinyatakan memenuhi persyaratan sehingga bisa ditetapkam sebagai calon gubernur dan wakil gubernur 2024.

Tahap selanjutnya kata Andi Tenri, Paslon akan mengikuti pengambilan nomor urut yang dijadwalkan pada Senin (23/9/2024) malam.

KPU terangnya mewajibkan para calon untuk berhadir langsung saat pencabutan nomor urut. Guna meminimlaisir gangguan ketertiban, para pendukung paslon yang datang juga akan dibatasi.

Para calon yang telah ditetapkan lanjut Andi Tenri wajib menyerahkan susunan tim kampanye, membuka Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) atas nama pasangan calon, kemudian menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) paling lambat 24 September 2024.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel, Aries Mardiono mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri termasuk perangkat desa dan lurah untuk menjaga netralitas dan integritasnya selama proses Pilkada berlangsung.

"Sesuai aturan yang berlaku, pejabat negara dilarang melakukan tindakan yang menguntungkan dan merugikan salah satu Paslon kepala daerah," jelasnya.

Diketahui, pelaksanaan pengundian nomor urut gubernur dan wakil gubernur akan berlangsung di Halaman Kantor KPU Kalsel sekaligus digelar Deklarasi Damai Pilkada serentak 2024. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner