Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Wali Kota Banjarmasin Resmikan Dua Puskesmas | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 11 September 2024

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Wali Kota Banjarmasin Resmikan Dua Puskesmas

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina resmikan Puskesmas Pemurus Dalam dan Puskesmas Pelambuan, Selasa (10/9/2024).

Ibnu mengungkapkan rasa syukur kedua puskesmas itu telah diresmikan sehingga dapat bermanfaat bagi warga kota ingin berobat.

"Peningkatan layanan kesehatan ini menjadi prioritas Pemkot Banjarmasin agar masyarakat kita semakin sehat," terangnya usai meresmikan.

Menurut Ibnu, meningkatkan akses layanan kesehatan tentu harus ditunjang dengan kualitas layanan terbaik.

Untuk itu, ruangan hingga fasilitas puskesmas yang telah dibangun sangat representatif bagi masyarakat yang ingin berobat.

"Sarana prasarana kita sudah cukup memadai dan sekarang puskesmas sudah bisa melayani USG yang merupakan bantuan dari Kementrian Kesehatan," tuturnya.

Apalagi pelayanan kesehatan di Puskesmas Pelambuan turut dikunjungi warga daerah tentangga Kabupaten Batola.

Hal itu tentunya memberikan pelayanan kesehatan prima bagi seluruh pasien yang datang menjadi prioritas di setiap puskesmas.

Terlebih lanjutnya, Kota Banjarmasin berusaha menuju Universal Health Coverage (UHC) 95 persen di tahun ini hingga sudah seharusnya ditunjang dengan faskes terbaik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Tabiun Huda menambahkan kedua puskesmas itu memang diprioritaskan pembangunan tahun 2023 lalu. Mengingat kondisi puskesmas lama sudah tidak memadahi lagi.

"Apalagi jumlah warga yang berobat itu cukup banyak hingga perlu ditingkatkan dengan renovasi total," kata Tabiun.

 Untuk di Puskesmas Pelambuan sendiri lanjut Tabiun, jumlah penduduk yang dilayani sekitar 43 ribu jiwa untuk kedua kelurahan yakni Kelurahan Pelambuan dan Kelurahan Belitung.

"Belum lagi dari kunjungan pasien dari kabupaten tetangga. Jadi rata-rata yang berobat itu sebanyak 1.300 hingga 1.400 pasien," terangnya.

Adapun renovasi puskesmas baik di Puskesmas Pemurus Dalam maupun Puskesmas Pelambuan masing-masing sekitar Rp5 miliar. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner