Wakil Walkot Arifin Noor Buka Festival Tunas Bahasa Ibu di SDN Pasar Lama 1 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 12 September 2024

Wakil Walkot Arifin Noor Buka Festival Tunas Bahasa Ibu di SDN Pasar Lama 1

BERITABANJARMASIN.COM - Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin membuka langsung Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Sekolah Dasar di halaman SDN Pasar Lama 1, Kamis (12/9/2024).

Arifin menyampaikan Festival Tunas Bahasa Ibu merupakan bagian dari implementasi kebijakan merdeka belajar, yakni revitalisasi bahasa daerah yang telah diluncurkan bertepatan dengan peringatan hari bahasa ibu internasional. 

"Jadi bahasa ibu itu adalah bahasa daerah kita, bahasa Banjar, agar seluruh anak-anak didik kita di seluruh Kota Banjarmasin cinta terhadap bahasa ibunya, Banjar terutama," ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan FTBI tingkat SD itu terdiri dari 5 cabang lomba yang diperlombakan yaitu, Lomba Bakisah Bahasa Banjar, Lomba Menulis Puisi, Lomba Pidato Bahasa Banjar, Lomba menulis Kisah Handap dan Lomba Bapandung (Komedi Tunggal).

"Harapan kita dengan adanya lomba-lomba itu mereka betul-betul mencintai dan menyukai bahasanya sendiri dan itu tidak punah kedepannya," ungkapnya lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia FTBI Retno Lestari menjelaskan, FTBI yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI melalui Balai Bahasa tersebut bertujuan untuk membangkitkan kembali bahasa dan budaya lokal.

"Dengan mentargetkan pada generasi muda melalui berbagai ajang kompetisi sebagai hasil dari program pengimbasan revitalisasi bahasa daerah," ucap Retno.

Lebih lanjut, katanya penyelenggaraan FTBI ini merupakan upaya untuk menghasilkan sebanyak mungkin penutur muda bahasa daerah, khususnya penuturan Bahasa Banjar.

"Kegiatan ini diikuti semua sekolah, se-Gugus se-Kota Banjarmasin, kita sudah menghitung itu sekitar 1.250 peserta, kemudian tahapan penyisihan berhasil di saring 30 orang dan ini adalah final pada 5 cabang," terangnya.

Ia juga membeberkan kegiatan masih akan berlanjut pada bulan Oktober yang mana akan dilakukan pameran serta penganugerahan apresiasi Guru dan Kepala Sekolah yang berdedikasi pada program revitalisasi bahasa daerah.

"Ada event yang berikutnya karena berjenjang. Ada event provinsi dan setelah provinsi ada yang namanya FTBI  tingkat Nasional tuturnya.

Sebelumnya di tahun kemarin Kota Banjarmasin sebagai juara umum FTBI Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, sebanyak se-Provinsi kita juara satu.

Dimana nantinya pada puncak acara akan ditambah 1 event lagi yaitu Apresiasi Kepala Sekolah dan Guru Apresiatif yang melestarikan budaya Banjar. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner