Antisipasi Karhutla, Anggota DPRD Kalsel Sarankan Sumur Bor | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 04 Oktober 2024

Antisipasi Karhutla, Anggota DPRD Kalsel Sarankan Sumur Bor

BERITABANJARMASIN.COM - Upaya menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), anggota DPRD Kalsel, Jahrian menyarankan pemerintah kabupaten/kota untuk membuat sumur bor.

"Pemda dapat membantu masyarakat dengan membuat sumur bor di dekat lokasi yang sering terjadi karhutla," ujarnya Jumat (4/10/2024).

Menurut Jahrian, sumur bor yang efektif dalam mengantisipasi karhutla sebaiknya dibuat dengan posisi yang strategis yang dilengkapi dengan mesin pompa untuk meningkatkan efisiensi pengambilan air.

Diameter sumur bor yang disarankan berkisar antara empat hingga enam inci, yang cukup untuk menghasilkan volume air maksimal yang diperlukan untuk pemadaman kebakaran 

"Dengan adanya sumur bor ini, ketika terjadi kebakaran, masyarakat tidak perlu panik mencari sumber air karena sudah tersedia secara cepat dan mudah," ucapnya.

Lanjut Jahrian untuk menjaga keberlangsungan dan efektivitas sistem ini, disarankan agar petugas penjaga sumur bor digaji. 

"Penjaga ini bertugas memastikan sumur bor dan mesin pompa berfungsi dengan baik, serta siap siaga saat terjadi Karhutla," sebutnya.

Jahrian mengatakan asap yang ditimbulkan Karhutla selama musim pancaroba 
yang merujuk pada peralihan antara musim hujan dan musim kemarau saat ini memiliki beberapa dampak serius bagi kesehatan masyarakat termasuk iritasi saluran pernapasan, batuk, sesak napas bagi anak-anak maupun lansia.

"Oleh karena itu, pencegahan karhutla selama musim pancaroba sangat penting untuk mengurangi risiko kebakaran dan dampak negatif yang ditimbulkannya," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner