Apresiasi Karya Siswa, Disdik Banjarmasin Gelar Puncak Festival Tunas Bahasa Ibu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 10 Oktober 2024

Apresiasi Karya Siswa, Disdik Banjarmasin Gelar Puncak Festival Tunas Bahasa Ibu

BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin menggelar puncak apresiasi dan pameran hasil pengimbasan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kota Banjarmasin, yang berlangsung di Sekolah Dasar Negeri Pasar Lama 1, Senin (7/10/2024).

Kegiatan dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin memberikan apresiasi sekaligus melihat langsung pameran hasil pembelajaran pengimbasan revitalisasi bahasa daerah. 

"Tahun lalu, kita sudah mendapat penghargaan Tunas Bahasa Ibu dari Pak Menteri Pendidikan Ristek, dan ini salah satu implementasinya,” ujar Ibnu Sina.

Dalam pameran tersebut, Ibnu melihat berbagai karya siswa yang menunjukkan adaptasi antara metode pembelajaran tradisional dan teknologi modern.

Seperti tulisan tangan langsung Kisdap (Kisah-kisah Handap), kemudian ada bepandung, ada juga yang menggunakan aplikasi dan barcode scan. 

"Ini menunjukkan bahwa teknologi pembelajaran sudah diadopsi oleh guru-guru kita. Jadi, tidak hanya manual seperti tulisan tangan saja, tetapi kita juga tidak tertinggal dari segi teknologi informasi,” sebutnya.

Program revitalisasi bahasa daerah tersebut, lanjutnya merupakan bagian dari inisiatif nasional yang diterapkan di seluruh Indonesia. Khusus di Banjarmasin, revitalisasi itu difokuskan pada pelestarian bahasa Banjar.

Dalam dunia pendidikan, kata ia mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, yaitu bahasa Banjar, serta mendorong penguasaan bahasa asing. 

"Diharapkan program revitalisasi dapat membawa manfaat besar bagi anak didik di Banjarmasin, baik dalam melestarikan budaya lokal maupun dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah," jelasnya.

Pada kesempatan itu juga Wali Kota Banjarmasin didampingi plt Kepala Disdik juga meresmikan bangunan laboratorium komputer baru yang dilengkapi dengan laptop.

Dengan adanya fasilitas ini, anak-anak kita dapat melaksanakan Ujian Nasional berbasis online di ruangan ini,” pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner