Kemarau Basah, BPBD Banjarmasin Imbau Masyarakat Waspada Karhutla | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 04 Oktober 2024

Kemarau Basah, BPBD Banjarmasin Imbau Masyarakat Waspada Karhutla

BERITABABJARMASIN.COM - Memasuki musim kemarau basah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, imbau masyarakat perlu waspada.

Hal itu disampaikan Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Husni Thamrin bahwa masyarakat tetap harus waspada.

Husni juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki  lahan tidur, terutama yang berada di dekat pemukiman, untuk lebih aktif dalam merawatnya.

"Pemilik lahan, terutama yang dekat dengan pemukiman, kami harap bisa lebih peduli. Tolong dirawat lah lahannya," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga memastikan keamanan dengan meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi potensi kebakaran lahan.
"Petugas kami berjaga 24 jam untuk memantau situasi," bebernya.

Adapun saat ini lanjutnya, pihaknya telah melakukan langkah-langkah pencegahan dini dengan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap kebakaran lahan. 

"Pencegahan tetap menjadi prioritas utama kami, meskipun langkah penanganan juga terus kami tingkatkan," imbuhnya.

Terlepas dari itu, ia memperkirakan, kebakaran lahan di tahun ini tidak akan lebih parah daripada tahun kemarin. Mengingat jenis kemarau basah.

"Sampai saat ini, belum ada lahan yang terbakar. Yang ada hanya pembakaran sampah yang nyaris merembet ke lahan," terangnya.

Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, terdata ada sekitar 40 petak lahan di Kota Seribu Sungai yang terbakar. "Dibanding tahun lalu, situasinya mungkin lebih terkendali," tutupnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner