Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila, Wali Kota Banjarmasin Bicara Kewaspadaan Nasional Menangkal Ideologi Radikal | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 02 Oktober 2024

Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila, Wali Kota Banjarmasin Bicara Kewaspadaan Nasional Menangkal Ideologi Radikal

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memimpin Apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Balai Kota, Selasa (1/9/2024).

Ibnu mengatakan bahwa momentum Hari Kesaktian Pancasila harus menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat Indonesia tentang bahaya laten yang mengancam ideologi negara. 

“Hari ini, kita menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila dan membacakan ikrar kewaspadaan nasional," terangnya.

 Ini menjadi pengingat bahwa ada ideologi-ideologi yang merongrong kedaulatan negara dan berupaya menggantikan Pancasila. Peristiwa G30S/PKI yang menelan korban tujuh jenderal adalah bukti sejarah bahwa ancaman itu nyata.

Lebih lanjut, Ia mengingatkan bahwa meskipun gerakan ideologi komunisme terlihat tidak aktif, ancaman tersebut tetap laten dan tersembunyi. "Jangan lupa bahwa PKI itu laten. Meski mungkin tidak kelihatan, ia adalah bahaya tersembunyi yang bisa meledak kapan saja jika Indonesia tidak waspada," tandasnya.

Selain pembacaan teks Pancasila dan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, apel juga diwarnai dengan ikrar untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. 

Pancasila adalah dasar negara, ideologi, dan falsafah kehidupan berbangsa. Pilar-pilar kebangsaa jelas Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. 

"Dalam momentum ini, mari kita yakini kembali bahwa jalan kehidupan kita sebagai bangsa Indonesia harus terus berlandaskan pada Pancasila," imbaunya.

Menurutnya apel itu bukan hanya sebuah peringatan rutin, tetapi seruan untuk memperkuat persatuan bangsa dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk itu melalui peringatan itu, Pemerintah Kota Banjarmasin berharap seluruh masyarakat dapat lebih waspada dan terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner