Terlaksana di 32 Kelurahan, Pemkot Banjarmasin Gaungkan Program ODF | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 02 Oktober 2024

Terlaksana di 32 Kelurahan, Pemkot Banjarmasin Gaungkan Program ODF

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) gelar deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan bagi 10 kelurahan di Banjarmasin, Selasa (1/9/2024).

Adapun 10 kelurahan itu meliputi kelurahan Sungai Bilu, Pemurus Dalam, Pelambuan, Pangeran, Surgi Mufti, Teluk Dalam, Pemurus Luar, Pekapuran Laut, Telawang serta Karang Mekar. 

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan hingga saat ini berjumlah 32 kelurahan yang telah ODF sejak 2020 lalu.

"Mudah-mudahan peran serta masyarakat di 32 kelurahan ini bisa terus saling mengawasi, menjaga agar tidak ada lagi yang membangun jamban di pinggir sungai," jelas ia.

Diketahui ODF sendiri menjadi salah satu indikator dalam terciptanya pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang kini semakin digalakkan oleh Pemko Banjarmasin.

Bahkan terbaru, Pemkot menghadirkan inovasi teknologi tepat guna berupa Septitank Sungai Tripikon S Plus Subarwakat. 

Implementasinya mampu mengoptimalkan sistem pengolahan limbah tinja manusia yang lebih sehat, aman dan tidak tercemar bagi masyarakat maupun lingkungan, khususnya di pinggiran sungai dengan anggaran yang terjangkau.

"Konsep toilet komunal dari inovasi ini secara nominal memang sangat terjangkau. Kalau pakai biofilter itu kita perlu berkisar 8 jutaan, kalau ini (Subarwakat, red) hanya 3 jutaan 1 unit nya," bebernya.

Untuk itu menurutnya, masyarakat saat ini bisa lebih mudah dan efisien dengan berlangganan Perumda PAL Domestik untuk memastikan ketersediaan akses sanitasi. "Itu yang paling aman dan sederhana sebetulnya," ujarnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner